Tuesday, February 20, 2024

KYAI AJI SELASE DALAM KITAB KUNO SENDENG

#kyai_aji_selase

A. Nasab
Kyai aji selase bin kyai aji mertalaksana bin kyai aji Amberung

B. Anak2 beliau
Kyai Aji selase memiliki 25 istri.Dari kesemuanya hanya tiga istri yg memberi beliau keturunan,sementara yg lain berahir dg perceraian
Berikut anak2 beliau :
I. Istri pertama dari risbaya (arosbaya)
1. embah angsokah
2. Ibunya kyai rukmi
3. Samana (tdk menikah)

II. istri kedua dari kalangge
1. Embah serama wadon

III. nyai Teppi binti nyi kumala binti S. Cendana
1. Kyai pandita
2. Nyai Serabbi
3. Kyai Abdul Adzim (nama kecil bdr suhèb)
4. Ny. Abdurrohim
5. Kyai Abdul qidam
6. Kyai kolak (mekeppek)
7. Kyai Sihhah
8. Nyai jumas

C. Keturunan beliau

I. #KYAI_ABDUL_ADZIM mempunyai 5 istri

Dari istri pertama melahirkan
1. Ny. Janib
2. Kyai Soleh
3. Nyai Angsokah
4. Bdr musta'jir

Istri ke dua dari pocong
1. Ny. Abdurrohman
2. Kyai murta
3. Kyai banyu ajuh
4. Nyai yusuf

Istri ke tiga dari kampung sogeh kec. Labang
1. Nyai sekarbungoh
2. Kyai muheri
3. Kyai nawa
4. Kyai #Batokolong
5. Kyai tafsir

Istri ke empat dari nak potoh sobien
1. Ny. Ali
2. Ny. Midkhol
3. Nyai Muhammad
4. Kyai Abdul adzim kolifah (nama kecil bdr mustahal)
5. Ny. Sarima

Istri ke lima nak potoh kyai segemik
1. Kyai bungsu

II. #KYAI_PANDITA
Berputra
1. Ny. Dawud

III. #NYAI_SERABBI
Dg kyai kendar pamekasan tedak sultan mataram.
1. kyai seberih seppo
2. Kyai soka
3. Kyai Arya
4. Ny. Sima
5. Ny. Dyah
(kyai kendar menikah 3 kali,selain dg nyi serabbi juga dg ny qendar dikaruniai anak satu yaitu ny. Sidi dan setelah ny serabbi wafat,kmudian menikahi adik dari ny serabbi yaitu nyi jumas tp tdk disebut ada keturunan)

Dengan kyai gumarang seppo
1. Kyai ezzi tamba agung

IV. #KYAI_SIHHAH (laqob/pak sihhah)
1. Nyai hafsoh (laqob : bok hafsoh sdg nama kecil sihhah)
Dll

Sebagai perbandingan,izin saya tampilkan 3 jalur saya lewat emak dan bapak ke beliau

Tiga jalur saja dulu

Jalur 1
Kyai Aji selase
Kyai Sihhah
Ny hafsoh (nama deging sihhah)
Ny. Arifah (nama deging hafsoh)
Bireh suta ing sendeng (bdr Abdul)
Ny. Bedriyeh
Bdr noliman
Mbah tarib
Emak
Saya

Jalur 2
Kyai aji selase
Kyai Abdul adzim
Ny angsokah (robian duwia)
Kyai Addol
Kyai bedriyeh
Bdr noliman
Mbah tarib
Emak
Saya

Jalur 3
Kyai Aji selase
Kyai Sihhah
Ny hafsoh (nama deging sihhah)
Ny. Arifah (nama deging hafsoh)
Bireh suta ing sendeng (bdr Abdul)
Bdr ismail
Mbah tasir
Bapak
Saya

Wellohu a'ladul
Mohon masukan,dan koreksi bila ada khilaf


SUMBER :

Kyai Abdul Hannan Al Ihsani Sendeng

4 comments:

  1. saya dapat cerita dari kakek saya :
    Bujuk Banyu Ajuh
    Bujuk Sinuwun sono
    Mak Aje ndul ( Abdullah)
    Ten nik
    Mak Kae Asbullah
    Ayah saya Kyai Safari
    Saya Abdul Rokhim

    ReplyDelete
  2. Mohon bertanya, saya punya silsilah nyai Sarabbi punya anak Nyai Aisyah mancengan? Tapi di silsilah ini tidak ada yang turun ke mancengan modung

    ReplyDelete